Rabu, 20 Agustus 2008

Hand Phone dan Komunikasi Relevankah?

Hari gini nga punya handphone? hihihihihi masih inget itu kata-kata dari iklan handphonenya samsung pake kartu fren (kalo nga salah yah). Sekarang kalo nga ada handphone sepertinya susah banget, udah jadi kebutuhan pokok masyarakat dunia, ngeganttin pager (paijer yah bacanya, bukan pager rumah). Kita pasti semua tau kalo handphone itu fungsi utamanya buat nelpon (untuk hubungin orang), juga yang kedua smsan, fitur-fitur lain kayak kamera, mp3 player, video player, internet, sound recording, notes, kalender, jam, itu semua cuma tambahan. (Gile, fungsiya banyak banget yeh..).

Sayang sekali kebanyakan orang mengira, dengan kemajuan teknologi komunikasi (contonya handphone), orang bisa lebih mudah berkomunikasi (perhatiin deh fungsi utama handphone yang gue sebutin). Sebenernya komunikasi itu apaan sih? untuk bisa menilai handphone itu bisa membuat kita lebih mudah berkomunikasi, kita perlu melihat dulu arti dari komunikasi sebener-benernya.

Komunikasi sederhananya adalah transfer pengetahuan, dari seseorang ke orang lain. Walaupun gue kasih arti yang sangat sederhana tentang komunikasi, nyatanya komunikasi itu bukan sesuatu yang mudah untuk di wujudkan di kehidupan nyata. Pernah nga dengerin temen lu lagi ngobrol di handphone, trus ngomelnya nga berhenti, atau konsumen yang marah-marah sama costumer service, atau orang tua yang marah marah sama anaknya, dan di balik telepon anaknya cuma bisa bilang iya, iya, iya. Ini sebuah realitas kalo komnuikasi itu tidak bisa terjadi dengan mudah. Komunikasi adalah barang mahal zaman sekarang ini, lebih mahal dari handphone itu sendiri.

Komnunikasi itu bisa terjadi kalo :

1. Kita punya kelapangan hati untuk mendengar orang lain ngomong, jangan kita melulu yang ngomong, mulutkan ada satu, kuping ada dua tuh, nah kalo diliat dari filsafatnya nih, kita diminta sama SANG PENCIPTA untuk lebih banyak ngedengerin dari pada berbicara. Gimana setuju nga? Yang penting kesediaan hati untuk dengerin orang ngomong deh, itu penting.

2. Denger aja nga cukup, tapi mengerti apa yang kita dengerin baru bisa kita tau maksud orang
yang menyampaikan pesan sama kita. Nah ini butuh wawasan, kalo orang yang ngomong sama kita pake bahasanya susah-susah kita yang denger bisa-bisa kerutin jidat terus. Jadi kalau kita jadi posisi orang yang ngomong, kita harus ngomong dengan bahsa bahasa yang sekiranya bisa dimengerti, jangan pake istilah istilah orang akademis sama orang yang baru dateng dari hutan, coba aja nonton itu film Tarzan, atau filem god must be crazy, lu pasti ngerti deh maksud gue.

3. Cara Komunikasi harus tepat sesuai dengan keadaan (orangnya, suasana hati, momen). Di budaya timur, lu ngomong sama orang yang lebih tua dengan kosakata yang biasa u gunain sama temen u, di jamin deh nga bakal di dengerin. Jadi cara komunikasi itu harus tepat jadi orang itu mau dengerin lu.

4. Semua Alat dan fasilitas komunikasi itu dalam keadaan yang baik (pembicara, medium, dan penerima). Suara itu kalo merambat perlu medium, dan mediumnya adalah udara, kalo udara nga ada, maka suara itu nga bisa merambat. Nah ini sama aja konsepnya, kalo alat alat komunikasi rusak, kita nga bisa berkomunikasi. Well gue kasi contoh yang agak serem dan ekstrim yah, coba bayangin kalo u kena penyekit yang bikin mata elu buta, kuping lu tuli, kulit u mati rasa, lidah u nga bisa ngerasain apa2, bisa nga u berkomunikasi dengan dunia luar? kalo alat2 komunikasi u rusak, maka nga mungkin bisa berkomunikasi.

5. Nga boleh ada noise. noise itu artinya suara2 berisik yang menganggu, atau hal hal lain yang membuat kita nga bisa fokus sama suara yang seharusnya kita denger. Gue punya temen yang rumahnya deket rel kereta api, kalo lagi telpon kadang suka ada suara kereta api, trus kita selalu diem tiap ada suara kereta. Suara kereta yang bikin bising itu namanya noise. Kalo banyak noise atau noise terlalu besar, maka komunikasi jadi terganggu.

Nah balik lagi ke masalah handphone, jadi kalo di pikir2 handphone itu sebenernya cuma alat untuk menghubungi orang lain yang posisinya jauh. Bukan alat "Telekomunikasi", tetapi hanya alat untuk mengkoneksi, karena dengan menghubungi orang melalui handphone bukan berarti kita dah bisa berkomunikasi, walau komunikasi tentu saja sangat mungkin saat menggunakan handphone.

Kesimpulannya semua perkembangan teknologi belum tentu meningkatkan kualitas hidup manusia, karena relevansi teknologi dengan peningkatan kualitas hidup manusia (meningkatnya daya komunikasi kita merupakan bagian dari meningkatnya kualitas hidup manusia) nga selalu berhubungan (ini sering kali tegantung pada manusianya), walau begitu majunya teknologi bisa menjadi faktor juga untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, misalnya teknologi penyaringan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for your Comments!